VAGINITIS : penyakit khusus wanita

Tubuh manusia terdiri dari berbagai macam organ yang berfungsi menggerakkan metabolisme dalam tubuh. Organlah yang menentukan hidup dan mati seorang manusia. Jika organ dalam tubuh ‘pensiun’ dari pekerjaannya, maka ‘pensiun’ jugalah tubuh kita. Misalnya, organ –organ yang menyusun system pencernaan seperti mulut, kerongkongan dan lambung. Jika lambung manusia tidak bekerja dengan baik, maka makanan tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Dampak jangka panjang panjangnya juga dapat menyebabkan kematian.
Selain sistem pencernaan, terdapat pula bermacam-macam system yang menunjang hidup manusia dalam menjalankan hidupnya. Seperti system pernafasan, ekskresi dan system reproduksi. Organ-organ yang mendukung system reproduksi ini salah satunya adalah organ kelamin.
Pada laki-laki organ kelamin disebut penis sedangkan pada wanita, organ kelamin disebut vagina. Kedua organ kelamin ini sangat vital. Artinya, organ ini sangat sensitive sehingga kita diwajibkan untuk menjaganya dengan baik. Kebersihan tentu saja menjadi faktor utama penunjang terjaganya organ kelamin manusia.


Vagina pada wanita sangat rentan terhadap penyakit. Hal itu disebabkan karena vagina mudah terjangkit bakteri atau jamur. Salah satu penyakit yang rawan terjadi di vagina yaitu vaginitis.
Vaginitis digambarkan medis seperti iritasi atau peradangan yang terjadi pada lapisan vagina. Selain vaginitis penyakit sejenis yaitu vulvitis yang merupakan peradangan atau iritasi pada vulva (organ kelamin luar vagina) atau gabungan dari kedua penyakit tersebut yaitu vulvovaginitis-peradangan pada lapisan dan vulva vagina. Vaginitis sangat umum terjadi dan mempengaruhi jutaan wanita setiap tahun. Secara umum, vaginitis dapat meyebabkan gatal-gatal, iritasi, atau tidak normalnya kerja vagina.
Menurut penyebab dan gejalanya, jenis-jenis vaginitis dibedakan sebagai berikut:
1. Bakteri Vaginosis
Bakteri vaginosis aadalah inveksi yang paling umum pada wanita usia subur. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan yang berlebihan pada bakteri yang biasanya terdapat dalam vagina.
Bakteri vaginosis akan sering menyebabkan keluarnya cairan dengan bau yang tidak enak.
Banyak wanita yang terinfeksi bakteri vaginosis tidak memiliki gejala dan hanya diketahui jika melakukan pemeriksaan ginekologi secara rutin.
Bakteri yang ada pada vagina dan dapat menyebabkan vaginitis terutama jenis bakteri vaginosis adalah Klamidia dan Gonokokus.

2. Vaginitis Candida
Infeksi jamur Candida atau vaginitis candida adalah bentuk paling akrab vaginitis. Hal itu terjadi karena terlalu banyak jamur candida yang tumbuh di vagina.
Vaginitis candida menghasilkan cairan menyerupai keju cair .
Gejala yang terjadi tidak terlalu terlihat karena tidak berbau seperti bakteri vaginosis.
Namun jamur candida juga menyebabkan infeksi pada vagina sehingga vulva menjadi gatal dan memerah.

3. Trichomonas Vaginitis
Trichomonas vaginitis sering dikenal sebagai PMS atau penyakit menular seksual yang disebabkan oleh sebuah sel tunggal yang parasit pada vagina.
Hal ini menyebabkan vagina gatal, panas, dan nyeri. Gatal dan panas juga sering terjadi pada vulva seperti ketika buang air kecil.
Penyakit vaginitis jenis trichomonas vaginitis ini sangat berbahaya karena banyak wanita dengan trikomoniasis (sebutan bagi orang yang terjangkit Trichomonas vaginitis) tidak mengembangkan gejala apapun.

4. Vaginitis Non-infeksi
Bentuk vaginitis non-infeksi biasanya disebabkan oleh reaksi alergi atau iritasi dari obat-obat luar yang digunakan pada vagina. Seperti douche, produk-produk spermisida, sabun, detergen, atau softener (pelembut kain).
Ini dapat menyebabkan gatal atau terbakar atau bahkan jika tanpa iritasi sama sekali.

5. Tumor atau jaringan abnormal lainnya
6. Terapi penyinaran
7. Perubahan hormonal

Vaginitis dapat diobati dengan beberapa cara sederhana dan bisa dilakukan sendiri dirumah. Kunci untuk mengobati vaginitis adalah dengan cara mengetahui jenis vaginitis apa yang menjangkiti tubuh kita. Barulah kita dapat mengetahui cara mengobatinya. Namun jika hal ini tidak mengurangi rasa gatal yang terjadi, segeralah konsultasikan hal ini pada dokter.
Adapun cara mengobati vaginitis sesuai gejala dan penyebabnya sebagai berikut:
1. Bakteri vaginosis dapat diobati dengan antibiotik yang biasa tersedia di apotek. Cara kerja antibiotik ini sendiri adalah dengan cara membunuh bakteri jahat sepert bakteri klamidia dan gonokokus pada vagina. Selain itu, antibiotic juga memelihara bakteri baik sehingga dapat melindungi vagina dari bakteri-bakteri lain yang dapat menyebabkan vaginitis.
Jika penyebabnya bakteri klamidia, bakteri vaginosis juga bisa diobati dengan cara mengkonsumsi tablet vagina metronidazole dan climdaycin.
Namun apabila penyebabnya bakteri gonokokus bisa disembuhkan dengan cara meyuntikkan cetriaxon dan doxicyclin.
2. Candida vaginitis atau infeksi jamur biasanya diobati dengan cara krim antijamur atau supositoria yang dioleskan pada vagina.
Walaupun cara tersebut memang ampuh untuk mengobati infeksi jamur candida, namun konsultasi ke penyedia layanan kesehatan tetap antisipasi terbaik karena dari situ kita akan dapat cara penanganan terbaik untuk mengobati vaginitis.
Krim dan tablet yang dianjurkan untuk bisa mengobati vaginitis adalah miconazole, clotrimazole, butoconazole, atau t yangerconazole.

3. Bentuk trichomonas vaginitis atau penyakit menular seksual perlu diobati dengan mengunjungi unit layanan kesehatan secara langsung. Hal penting yang harus dilakukan adalah mengurangi hubungan seksual untuk mengurangi penyebaran infeksi.
Seorang wanita mitra seksual memerlukan perawatan ini secara rutin agar tidak menyebar menjadi lebih parah dari sebelumnya. Misalnya tumbuh menjadi kanker atau sebagainya.
Untuk jangka pendeknya anda dapat mengkonsumsi metronidazole, semacam tablet untuk mengurangi rasa gatal dan panas seperti terbakar.

Selain obat-obatan yang dianjurkan diatas, penderita juga sebaiknya responsive terhadap apa yang terjadi pada tubuh kita sendiri. Jika cairan yang keluar dari vagina normal, kadang pembilasan dengan air bisa membantu mengurangi jumlah cairan yang keluar dari liang vagina.
Untuk mengendalikan gejala tersebut dapat dilakukan pembilasan dengan campuran cuka dengan air. Tetapi pembilasan ini tidak boleh dilakukan terlalu lama atau terlalu sering karena bisa meningkatkan resiko terjadinya peradangan panggul. Jika akibat infeksi labia (lipatan kulit terluar disekitar vagina dan uretra) menenpel menjadi satu, bisa dioleskan krim estrogen selama 7-10 hari.
Selain itu, penderita juga sebaiknya memakai pakaian dalam yang tidak terlalu ketat dan mampu menyerap keringat sehingga sirkulasi udara tetap terjaga. Pakaian dalam yang baik digunakan misalnya terbuat dari bahan katun. Menjaga kebersihan vulva dengan sabun gliserin juga dapat mengurangi infeksi vaginitis. Untuk mengurangi gatal-gatal bisa dibantu dengan kompres air dingin pada vulva atau berendam di air dingin.
Pencegahan yang baik dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar serta merubah pola hidup yang salah. Seperti:
a) Menghindari bathtub dan pusaran air panas spa. Bilas sabun dari luar daerah genital anda setelah mandi, dan keringkan area tersebut dengan kain yang lembut untuk mengurangi iritasi. Jangan gunakan sabun yang wangi dan kasar seperti sabun yang mengandung deodorant atau antibakteri
b) Hindari iritasi dengan tidak menggunakan pakaian dalam atau pembalut yang berparfum.
c) Usap dari depan kebelakang setelah menggunakan toilet. Hindari penyebaran bakteri dari tinja ke vagina.
d) Jangan gunakan douche. Vagina anda tidak membutuhkan semprotan apapun selain mandi biasa. Pemakaian douche secara berlebihan akan membunuh bakteri baik yang ada pada vagina yang akan meningkatkan resiko infeksi pada vagina.
e) Gunakan kondom ketika melakukan hubungan seksual untuk menghindari infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual.
f) Pakailah pakaian dalam dengan bahan katun atau pakaian dalam yang berisi bagian yang lembut diselangkangannya agar kondisi vagina selalu kering dan pH-nya tetap terjaga. Atau, bila anda nyaman tanpa menggunakan pakaian dalam, tidurlah tanpa mengenakan pakaian dalam, langsung kenakan pakaian tidur anda agar pada saat tidur vagina tetap dalam keaadaan kering. Biasanya jamur akan dapat tumbuh subur ditempat yang lembab.
g) Hindari jeans yang ketat dan stoking tanpa bantalan pada selangkangan.
h) Bila anda sudah terinfeksi vaginitis, segeralah ke kantor pelayanan dan kesehatan. Jangan malu. Vaginitis diderita oleh jutaan wanita per tahun. Dan anda salah satunya. Demi kesembuhan dan kembali normalnya vagina anda, lakukanlah yang terbaik bagi vagina dan tubuh anda.


3 Responses
  1. Anonim Says:

    Как говорилось на Seexi.net к нам свекровь жить приехала. вообще эта хитроумная дама давно сделала так, что бы к нам переехать. когда ее сын(мой муж) захотел взять ипотеку-она побежала, продала комнату свою в коммуналке и принесла ему деньги на первоначалный взнос. вот уже 2 года мы живем в ипотечной квар-ре и 2 года она просит меня (!) заставить мужа сделать починка. денег у нас мало-ей наплевать. а не так давно затеяли все-таки починка, так как я беременна. и свекровь незамедлительно поругалась со своим мужиком и прибежала к нам со своими монатками-вся такая несчастная. у меня большая тату на спине (крест) она цепляется к нему, охает ходит. говорит мне любую фигню (типа, "твоя кошка стала со мной спать, как я к вам переехала. ой, она меня так любииит", или же "как у вас грязно, нужно всё перемыть", а когда я в ответ "покажите, где грязно!" она: "да везде где только можно!" и уходит на кухню/в ванную/в туалет..
    еще она бесконца обливается приторно-сладкими духами (она даже халат свой домашний обливает)! ей плевать, что меня тошнит! да она вся как колхозница-по телефону не говорит, а орет, надевает на себя ВСЕ свои украшения за раз, как циганка. я ее недолюбливаю. благоверный ей сказал, что будет снимать ей квартиру (пусть только выберет) за свой счет ессесно, но она заплакала "я хочу жить с вами" она меня выжить хочет


  2. Anonim Says:

    Спасибо понравилось !


  3. Anonim Says:

    Наши специалисты по сертификации и [b][url=http://gortest.su]пожарный сертификат на краску [/url][/b] подготовят полный пакет необходимых документов. Нами производится сертификация широчайшего спектра объектов [b][url=http://gortest.su]сертификат на компьютер [/url][/b] любых товаров, услуг, сертификация работ, по любым нормам и стандартам